Puisi Cinta Kesedihan Dyah Pitaloka Citra Rashmi

Terangnya sang surya,...

tapi gelap di mataku

sinarnya rembulan

menambah kesedihan hatiku

cinta yang ku jaga

hanyalah satu untukmu

tapi ternyata aku engkau dustai

tembang cinta di bibirmu

ternyata semua palsu

janji setia kepadaku

ternyata kau sakiti hatiku

sungguh tega kau sakiti hatiku

sampai hati kau bohongi aku

cukup sudah cerita cintaku

selamat tinggal,......

relakan kepergianku,....


Sekilas perang Bubat

 Hayam Wuruk, raja Majapahit dengan didasari argumen politik akan menjadikan putri Citra Rashmi sebagai istrinya yaitu anak perempuan dari Prabu Maharaja Lingga Buana dari Kerajaan Sunda Patih Madhu makcomblang dari Majapahit, datang ke kerajaan Sunda untuk menjodohkan dan melamar tuan putri Sunda dalam suatu pernikahan kerajaan.

Kebahagiaan melihat perjodohan ini sebagai peluang untuk mengikat persaudaraan dengan kerajaan Majapahit dengan kebesarannya, raja Sunda dengan suka cita memberikan restunya dan ikut mengantarkan putrinya ke Majapahit untuk dinikahkan dengan Hayam Wuruk.

Pada tahun 1357 rombongan kerajaan Sunda tiba di Majapahit setelah melewati Laut Jawa. Rombongan kerajaan Sunda membangun perkemahan di Lapangan Bubat di sisi utara Trowulan Ibu Kota Majapahit Mereka menunggu penjemputan dari pihak Majapahit serta upacara kerajaan yang mewah layaknya pernikahan agung kerajaan.

Dyah Pitaloka


Akan tetapi entah apa yang terjadi hingga timbul kesalah pahaman di antara mereka, dan kedua belah pihak tidak mau mengalah sehingga terjadilah pertempuran antara rombongan dari kerajaan sunda dengan para prajurit Majapahit.

Gugurnya Putri Dyah Pitaloka Citra Rashmi

Akibat pertempuran antar rombongan kerajaan Sunda melawan tentara Majapahit Rombongan kerajaan Sunda berniat bagi bela pati menerapkan puputan demi membela kehormatan mereka di Lapangan Bubat.

Meskipun memberikan perlawanan dengan gagah berani rombongan kerajaan Sunda kewalahan dan berakhir gugurnya sang putri dalam pertempuran dengan tentara Majapahit, dalam tragedi ini sang putri larut dalam kesedihan dan hati yang remuk redam mendengar kematian ayahanda dan Sang Putri bunuh diri demi bembela kerhormatan negaranya.

Post a Comment

Previous Post Next Post

AdSense

Contact Form