Keindahan Pantai Ngurtafur - kepulauan Kei

 Pantai Ngurtafur adalah pantai yang ada Kepulauan Kei di Maluku Tenggara Provinsi Maluku. Pantai unik karena berupa Pasir timbul memanjang yang sudah terlihat dari pesawat saat hendak mendarat di Bandara Karel Sadsuitubun Pulau Kei Kecil itu begitu memanjakan mata.

Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur kepulauan Kei


Pasir timbul yang membentuk garis meliuk-liuk atau menzigzag ini merupakan bagian sisi Utara dari sebuah pulau Woha  yaitu pulau yang tak berpenghuni yang menjorok ke laut. 

Ngurtafur dalam bahasa setempat bermakna “ngur” itu berarti pasir, “tafur” berarti timbul sehingga Ngurtafur berarti Pasir Timbul.

Untuk ke Ngurtafur membutuhkan kesabaran karena harus menyesuaikan dengan pasang surut air laut, mengingat pantai ngartufur hanya bisa dinikmati saat air laut surut karena kalau lagi pasang pasirnya tenggelam (tertutup air laut).

Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur kepulauan Kei


Untuk ke Ngurtafur kita berangkat dengan speedboat  dari Pantai Ngurbloat selama 45 menit.

Banyak yang menyebut pantai  Ngurtafur seperti fenomena laut terbelah. Karena di kanan kiri pasir putih halus sepanjang 1 KM lebih ini lautnya landai, dan tentu saja jernih banget airnya. 

Membuatnya ideal buat sekadar berenang cantik maupun  snorkeling, dan pastinya berfoto ria aneka gaya juga cucok banget di sini. Perbedaan kedalaman membuat seakan dua sisi mempunyai warna air laut yang berbeda.

Pantai Ngurtafur kepulauan Kei


Jikalau nasib baik maka saat tiba di Ngurtafur akan disambut kawanan burung pelikan karena tidak semua orang yang ke Ngurtafur bisa dapat kesempatan melihat dan bermain dengan burung pelikan.

Menunggu Sunset juga harus sesuai dengan kondisi pasang surut, sudah pasti sunset di Pantai Nguryafur sangat spesial karena tak ada halangan apapun.

Post a Comment

Previous Post Next Post

AdSense

Contact Form