Keindahan Gunung Cumbri Wonogiri - Jawa tengah

 Gunung Cumbri adalah Gunung atau Bukit yang berada di daerah perbatasan antara Purwantoro Wonogiri dan Ponorogo Jawa Timur.

Gunung Cumbri memiliki ketinggian sekitar 638 mdpl. Gunung ini menyajikan hamparan pemandangan alam perbukitan di sekitar Ponorogo dan Wonogiri.

Gunung Cumbri wonogiri

Gunung Cumbri


Medannya yang cenderung mudah dibanding kan gunung-gunung lain di Jawa Tengah, menjadikan Lokasi Gunung Cumbri kerap didatangi oleh orang orang yang ingin berburu  sunrise maupun sunset tetapi tak terlalu ingin kelelahan melewati medan yang ekstrem.

Walaupun tidak ekstrem, jika kita berencana mendaki Gunung Cumbri, maka persiapan fisik tetap sebaik mungkin. Meski bukan Gunung yang ekstrim, tetapi alam bukanlah sesuatu yang bisa dipandang remeh.

Apabila kita berencana datang ke Gunung Cumbri untuk mengejar sunrise, maka kita bisa mendirikan tenda di Gunung ini atau datang sekitar pukul 03.00 WIB kemudian mendaki ke puncaknya.

Saat datang ke Gunung Cumbri jangan lupa untuk membawa bekal makan ataupun minum karena naik ke atas Gunung ini lumayan menguras tenaga.

Gunung Cumbri jawa tengah

Gunung Cumbri wonogiri

Gunung Cumbri


Saat malam menjelang, kita bisa melihat pemandangan gemerlap sekitar dari tujuh kabupaten yaitu Karanganyar, Ponorogo, Wonogiri, Pacitan, Madiun, Magetan dan Ngawi.

Mendaki Gunung Cumbri bisa  lewat jalur depan yakni jalur Biting, dan lewat jalur belakang yaitu melalui Kepyar. Jalur Biting dianggap lebih menantang karena kita akan melewati beberapa jalan setapak menanjak dengan sisi-sisi berupa jurang. Meski tidak terlalu tinggi, konsentrasi mutlak diperlukan saat melewati kawasan ini.

Di puncak Gunung Cumbri kita bisa melihat sekeliling kita hamparan hijau dan puncak puncak gunung yang sangat indah dan me-mukau mata. Apalagi kalau di kombinasikan dengan Sunrise atau Sunsetnya, sungguh pemandangan yang tak akan terlupakan.

Post a Comment

Previous Post Next Post

AdSense

Contact Form