Makna Pusaka Kali moho usodho

 Istilah Jimat Kali Moho Usodho terdapat dalam Kakawin Baratayudha, yaitu salah satu karya Sastra Luhur Jawa yang ditulis oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh pada tahun 1079 tahun Saka atau tahun 1157 Masehi di zaman kekuasaan Raja Sri Aji Jayabaya (1135-1159 M)

Makna dari Jimat Kali Moho Usodho adalah :

Sesuatu yang harus dijaga dan dirawat yang akan menjadi obat penyembuh segala macam penyakit, musibah, penderitaan & permasalahan dalam kehidupan

Makna Pusaka Kali moho usodho


Yang dimaksud dengan Kali Moho Usodho adalah :

1. Kadonyan

    Jangan tergiur, terlena wujud keduniawian

2. Kahewanan

     Jangan mengumbar nafsu birahi

3. Karobanan 

    Jangan rakus & serakah

4. Kasetanan

    Jangan sombong iri dengki

5. Katuhanan

    Berusaha selalu nyawiji marang Gusti

    Dengan cara mengosongkan diri kita dari

    segala macam nafsu angkara murka


Kalau kita bisa selalu mengamalkan filosofi Kali Moho Ushodo maka akan menjadi Jimat yang akan melindungi diri kita dari musibah dan bencana.

Yang harus diperjelas dan ditegaskan disini adalah Istilah Jimat Kali Moho Usodho asli ciptaan Leluhur Jawa bukan ciptaan orang India dan bukan ciptaan Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga bukan pencipta istilah Jimat Kali Moho Usodho karena istilah Jimat Kali Moho Usodho sudah ada ratusan tahun sebelum Sunan Kalijaga lahir di dunia.

Sunan Kalijaga meminjam atau mengadopsi istilah Jimat Kali Moho Usodho yang akhirnya dirubah menjadi istilah Jamus Kalimosodo untuk keperluannya berdakwah supaya masyarakat Jawa tertarik & mau mengikuti ajaran Islam.

Ini bukti Ajaran Luhur Jawa merupakan Ajaran Ketuhanan yang sudah ada berabad-abad yang lalu sebelum semua agama masuk ke Nusantara.

Ini bukti Ajaran Luhur Jawa digunakan oleh semua pemuka agama Hindu Budha Kristen dan Islam untuk mendapatkan simpati masyarakat Jawa.

Post a Comment

Previous Post Next Post

AdSense

Contact Form