Kisah Takdir sang Putri Api Drupadi Yadnya

 Drupadi adalah permaisuri dari Raja Puntadewa raja Hastinapura setelah meletusnya Baratayudha, yaitu peperangan yang sangat besar antara Pandawa dan Kurawa. Sebelum menjadi Permaisuri , ini lah kisah perjalanan drupadi yang sangat menyayat hati,...

Dewi Drupadi


Prakelahiran Drupadi:

Dikelahiran sebelumnya, Drupadi dilahirkan utk tidak mendapatkan suami. Kemudian Drupadi memohon kepada Dewa Siwa, agar dihidupnya berikutnya mendapatkan suami yg memiliki jiwa adil, kuat, cerdas, rupawan dan pengasih. 

Karena tidak mungkin memberikan suami yg memiliki ke lima jiwa tersebut, Dewa Siwa memberikan 5 suami untuk melengkapi keinginan Drupadi.

Versi lain, Pancali hanya memiliki 1 kesempatan kelahiran lagi. Untuk memenuhi permintaan itu, maka pada kelahiran berikutnya, Pancali langsung mendapatkan ke-5 suami sekaligus.

Drestajumna


Kutukan saat kelahiran Drupadi:

Berawal dari dendam Raja Drupada dari kerajaan Pancala kepada Resi Dorna, maka untuk membalasnya dilakukan upacara Putrakameshti yadnya (ritual pengorbanan api) untuk mendapatkan seorang putra yang dapat membunuh Resi Dorna. Namun Raja Drupada harus menerima takdirnya yaitu anugrah seorang putri. 

Lahirlah putra api bernama Dretajumena yg lahir untuk memenggal kepala Rsi Dorna.

Kemudian lahir pula seorang putri api bernama Drupadi. Namun Raja Drupada yg tdk menginginkan kelahiran seorang putri, dengan amarahnya menyumpah/mengutuknya agar Drupadi akan mengalami ketidakadilan berulang2 dan mengalami penghinaan yang paling hina, namun harus menegakkan keadilan.

Drupadi


Sayembara Drupadi :

Saat Ibu Kunti sedang berdoa, Pandawa datang bersama Drupadi yg telah dimenangkan didalam sayembara. Arjuna memberitahukan Ibu Kunti bahwa mereka telah memenangkan sayembara dan mendapatkan hadiahnya.

Sambil terus berdoa dan tanpa bertanya hadiah apa yang didapat, Ibu Kunti meminta Arjuna untuk membagi hadiah sayembara terbut secara adil dengan saudara2nya.


Karma Drupadi :

 Atas permintaan prakelahiran, kutukan saat kelahiran dan permintaan Ibu Kunti, maka Drupadi harus menikah dengan 5 Pandawa, ketidakadilan dan mengalami penghinaan saat permainan dadu di Hastinapura anatara Pandawa dan Kurawa. Namun Drupadi dituntut untuk menegakkan keadilan diseluruh Arya/Hsatinapura. Terjadilah Mahabrata dalam upaya penegakan keadilan.

Pada kondisi normal pernikahan poliandri tidak diperbolehkan dalam Hindu. Namun atas urutan kejadian / peristiwa tersebut, maka atas saran Rsi Abiyasa, maka Drupadi dapat menikahi kelima Pandawa dengan sejumlah aturan:

Dalam setahun hanya dapat melayani satu orang dari kelima Pandawa. Ke-empat saudaranya tidak boleh mengganggu dan masuk kekamar Drupadi sampai dengan gilirannya. Bagi yang melanggar harus menjalani penebusan dosa dengan pengasingan diri.

Setelah setahun, Pancali harus melakukan penyucian diri sebelum melayani satu orang berikutnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post

AdSense

Contact Form