Pemanah terbaik dalam kisah Baratayudha dan Ramayana

 Dalam peperangan di kurusetra ada banyak tokoh dan pahlawan yang ikut serta dalam perang tersebut dan beberapa diantaranya adalah ksatria pemanah, ada banyak pemanah terbaik yang ikut dalam perang baratayuda dan ada yang tewas sebelum pepereangan. Dan tokoh terkuat dengan senjata panahnya adalah sebagi berikut :

6. Arjuna 

Arjuna adalah pemanah terbaik di mata guru Drona karena cDrona sendiri yang memberikan Arjuna pengetahuan tentang semua senjatanya, saat mengajari Arjuna tentang seni memanah Druna telah berjanji bahwa tidak akan ada pemain yang lebih baik darinya di dunia ini. Seluruh pertempuran bergema dengan denting busur Arjuna, Arjuna memiliki semua senjata Ilahi para dewa bahkan dengan menyenangkan Mahadewa Arjuna bahkan telah memperoleh senjata Astra. Arjuna bahkan telah mengalahkan Dewa Indra di kandawa Prasta para dewa juga turun dari surga untuk melihat Krisna dan Arjuna menaiki kereta tersebut Dalam perjuangan menegakkan kebenaran.

Laksmana


5. Ekalawya

Ekalawya telah mempelajari seni memanah dengan patung guru Drona sebagai gurunya ketika guru Drona mengetahui bahwa ekalawya telah belajar menembakkan busur dan anak panah bahkan lebih baik dari Arjuna dia bertanya kepada ekalawya. Darimana dia mempelajari pengetahuan ini,...Ekalawya kemudian menjawab:....wahai guru Kau adalah guru idola saya, Saya membuat patung anda dan mencapai pengetahuan ini di depan patung anda. Guru Drona kemudian berkata bahwa dia berhak atas guru daksina di mana Drona meminta ibu jari Ekalawya, untuk melindungi janji yang diberikan kepada Arjuna Dia meminta ibu jari Ekalawya

4. Drona 

Drona telah mengajari Pandawa dan Kurawa untuk menggunakan senjata setelah gugurnya Bhisma dalam pertempuran kurusetra, Drona menjadi komandan Kurawa dia telah melakukan penghancuran besar-besaran di medan perang dengan strategi nya, Abimanyu terbunuh karena terjebak dalam chakravyuha yang diciptakan guru Drona selama perang. Beliau memiliki senjata di tangannya tidak mungkin untuk mengalahkannya sehingga para Pandawa terpaksa membunuhnya dengan tipu daya.

3. Bisma

Bisma adalah Putra Dewi Gangga, gurunya adalah Parasurama suatu ketika Bisma berperang dengan gurunya dalam perang tersebut Bisma dan parasurama saling menembakkan senjata tetapi perang ini tidak membuahkan hasil apa pun, pada akhirnya para Dewa sendiri harus datang untuk menghentikan perang ini. Ketika pertempuran kurusetra dimulai Bisma menjadi komandan pertama Kurawa, Krisna dalam perang ini telah bersumpah untuk tidak ikut berperang tetapi Bisma dengan kekuatannya memaksa Sri Krishna untuk melanggar sumpahnya dan mengangkat senjatanya tidak mungkin mengalahkan Bisma dengan bertaruh sesuai aturan. Pandawa membawa Srikandi ke medan perang untuk membunuh Bisma 

2. Karna

Karna meskipun pada masa Mahabharata terdapat ratusan prajurit namun konon tidak ada pemanah seperti karna dalam perang tersebut. Jika perisai dan antingnya tidak dilepas maka akan mustahil untuk mengalahkan karna. Karna menjadi Ksatria yang lebih unggul dari Arjuna atau ekalawya adalah bahwa panah karna memiliki kekuatan yang sangat besar sehingga ketika dia menembakkan panah ke kereta Arjuna dan Krisna kereta itu menjadi mundur sangat jauh Krisna juga kagum dan mengatakan kepada Arjuna bawa kereta yang ditumpangi Arjuna ada yang mendorong ke belakang seperti ini menunjukkan bahwa panah karna sangatlah kuat

1. Barbarika 

Barbarika adalah cucu Bima dan Putra Gatotkaca dia berdiri di bawah pohon pipal dan menyatakan bahwa dia akan berperang di pihak yang kalah ketika Arjuna dan Krisna muncul di depan barbarika untuk melihat keajaiban dan keberanianny.

Krisna berkata bahwa jika anda menutup semua daun pohon ini dengan 1 anak panah maka saya akan memberikan izin untuk ikut berperang, barbarika pun menjalankan perintah Krisna yang mengambil panahnya dan menembus semua daun satu persatu pada saat yang sama ada daun yang jatuh, Krisna menyembunyikan daun tersebut di bawah kakinya dan pada akhirnya barbarika juga tahu bahwa Masih Ada daun di bawah kaki Krisna.

Barbarika


Panah tersebut kemudian berhenti di dekat kaki Krisna kemudian berkata Wahai Tuhanku sehelai daun ada berada dibawah kakimu Tolong angkat kakimu karena aku telah memerintahkan anak panah untuk menembushanya daun dan bukan kakimu.

Melihat keajaiban ini Krisna menjadi khawatir Krisna tahu bahwa barbarika telah bersumpah akan mendukung yang kalah jika Kurawa terlihat kalah maka Barbarika mendukung mereka setelah itu ketika Pandawa terlihat kalah maka barbarika kembali mendukung pandawa dengan ini maka Barbarika bisa menghancurkan pasukan di kedua Sisi dengan anak panahnya dalam sekejap. Oleh karena itu Krisna meminta kepala barbarika sebagai amal dan mencapai kebebasan nya.


Pemanah Terbaik dalam kisah Ramayana

3. Indrajit

Indrajit adalah putra dari Rahwana Dengan kekuatannya dia mengalahkan para dewa dan menangkap Dewa Indra karenaitu dia memiliki pengetahuan tentang bramastra ,waisnawa, Astra dan pashupatastra oleh sebab itu dia dikenal dengan nama indrajit.

Indrajit


Pada saat Sri Rama dan Laksmana dari Ayodya menyerang Alengka, Indrajit adalah salah satu orang sangat sanggup menghadapi Sri Rama dan Laksmana dia adalah satu-satunya pejuang periode Ramayana yang disebut sebagai Ati maharati.

2. Laksmana

Siapa yang tidak kenal dengan adik laki-laki Sri rama yaitu laksamana, Laksamana bahkan telah membuat garis pembatas untuk melindungi Dewi Sinta dengan panahnya yang tidak dapat dilewati oleh siapapun Laksmana juga telah mengalahkan Indrajit yang merupakan Putra terkuat Rahwana.

1.Sri Rama

Sri Rama adalah inkarnasi dari dewa Wisnu tidak ada akhir dari kekuatan Sri Rama, dalam sayembara Dewi Sinta Ia pun berhasil mematahkan busur Siwa oleh kekuatannya selain itu saat tidak ada cara untuk menyeberangi lautan Sri Rama berpikir untuk mengeringkan laut dengan panahnya sehingga membuat dewa laut muncul dan merasa sangat ketakutan.

Demikian beberapa tokoh pemanah terkuat dalam kisah Baratayuda dan juga Ramayana,.....

Post a Comment

Previous Post Next Post

AdSense

Contact Form