Sering di ungkapkan oleh para blogger khususnya yang sudah bermain dengan AdSense yaitu istilah-istilah model pembayaran sebuah Iklan yang di pasang, dalam bisnis periklanan ada beberapa model perhitungan harga iklan tersebut, jadi langsung saja demikianlah istilah-istilah yang sering muncul pada dunia periklanan khususnya AdSense:
Pengertian CPM
1. CPM, Cpc kepanjangan dari Cost Per Mille atau Cost Per Million artinya kita akan di bayar berdasarkan tampilan Iklan dengan impres per 1000, jika di bahas indonesiakan istilah CPM ini adalah BPS kepanjangannya adalah Bayar Per Seribu, Jadi jika anda di tawari sebuah slot iklan untuk di tampilkan di blog anda maka sangat cocok untuk menggunakan model perhitungan ini.
Walaupun tanpa ada klik anda akan tetap di bayar jika tampilan iklan yang telah anda pasang pada blog sudah mencapai seribu tayangan iklan. untuk harga per seribunya anda sendiri yang menentukan atau pihak adverrtise (pemasang iklan) yang menawarkan, intinya tergantung penawaran kedua belah pihak (advertiser dan publisher).
Sebagai contoh kita memasang Iklan dengan ukuran 300 x 200 pada blog kita dan setiap harinya iklan yang kita pasang di lihat atau tampil 1000 kali sedangkan nilai atau harga CPM nya anda beri harga 2$ berarti 2$ x 1000 : 1000 = 2$. dan jika blog anda sudah lumayan banyak pengunjung katakanlah jika dalam satu harinya iklan anda akan tampil 5000 kali tayang berarti $2 x 5000:1000 = $10.
Bayangkan jika dalam satu bulan $2 x 5000 : 1000 x 30 = $ 300, mantab gan, bagaimana jika harga CPM lebih tinggi lagi? lebih dahsyat lagi donk penghasilan perbulannya, untuk harga CPM tergantung traffik blog anda sendiri semakin traffik blog anda tinggi maka semakin tinggi juga CPM nya.
Pengertian CPC/PPC
2. CPC/PPC, CPC kepanjangan dari Cost Per Clik, artinya jika iklan yang kita pasang di klik pengunjung dari situlah kita dapat bayaran, untuk nilai harga per kliknya bisa anda tentukan sendiri, jika anda sebagai publisher seperti Adsense, Citika, Infolink maka dari merekalah harga ditentukan, kita hanya tinggal pasang iklan saja untuk harga per kliknya sudah ditentukan oleh AdSense atau sejenisnya.
jika dalam periklanan Adsense nilai PPC Adsense itu juga bervareasi, naik turun dan rentan berubah-ubah mungkin tergantung juga visitor kita orang indo atau orang bule, begitu juga relevansi artikel kita juga sangat mempengaruhi dari harga PPC, untuk menghitung PPC kita juga harus mengetahui jumlah Kliknya kemudian kita kalikan dengan harga PPC. yang ini juga sangat menarik untuk anda ikuti dalam menambah penghasilan dari blog kita.
sedangkan PPC itu sebenarnya sama dengan CPC, PPC kepanjangan dari Pay per klik artinya kita akan di bayar setelah ada aktifitas klik valid dari iklan yang kita pasang. jika anda sebagai publisher adsense sangat berbahaya jika anda klik iklan sendiri = di banned.
Sebagai contoh iklan yang telah kita pasang dapat 30 klik dalam 1 harinya dengan harga PPC/BPK $ 0,09, maka kita akan mendapat penghasilan dari iklan 30 x 0,09 = $2,7 lumayan bukan, bagaiman jika BPK nya lebih tinggi lagi misalnya $ 0,15 berarti 30 x 0,15= $ 5,1 wow mantab gan, bayang jika dalam satu bulan berarti 30 x 0,15 x 30 = $ 153, wah bisa gajian tiap bulan itu.. untuk harga BPK tergantung traffik blog anda juga serta relevansi artikel yang anda bahas.
Pengertian CPA, CPS, CPL
Sebenarnya masih banyak lagi istilah-istilah perhitungan harga iklan yaitu seperti CPA " Cost Per Action" CPS kepanjangannya Cost Per Sale" CPL " Cost Per Lead" namun sebenarnya masih mirip dengan CPC. Ok demikianlah Pengertian dari Istilah AdSense CPM, CPC, PPC yang sering terungkap dari para blogger, sehingga kita sudah tidak bingung lagi apa itu CPM, CPC, PPC, CPA, CPL, CPS dan lain sebagainya. semoga bermanfaat sampai jumpa salam.